Sosialisasi Perlindungan Anak

Dilaksanakan pada hari Senin, 25 November 2013 pkl. 19.00 – 21.00 WIB di Ruang PPA Muria Kasih, Gereja Kristen Muria Indonesia. Sosialisasi ini dihadiri oleh Penanggungjawab PPA, Komisi PPA, Staf PPA, Tutor dan orang-orang yang berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan anak-anak PPA Muria Kasih. Hadir juga Pak Gulwadi (mantan Kepala Desa Pancaroba – Ambawang) dan Pak Mustar. Pak Gulwadi adalah seorang praktisi hukum yang memaparkan dan memberi penjelasan tentang Undang-Undang Perlindungan Anak.

Acara ini diawali dengan doa oleh Pak Edy Pangangkat (Penanggungjawab PPA Muria Kasih). Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Perlindungan Anak yang sampaikan oleh Ibu Inneke  Runtuwene sebagai Staf Perlindungan Anak di PPA Muria Kasih. Pemaparan diawali dengan pembacaan alkitab dalam Markus 9:35-37, Yeremia 1:5, dan ayat-ayat lain yang berhubungan dengan anak. Ibu Inne juga menjelaskan bahwa mendidik anak harus dengan cara yang benar. Anak-anak bisa mendapatkan kekerasan, baik secara fisik, psikis, seksual dan pengabaian. Ibu Inne juga menjelaskan perbedaan luka karena bermain dengan luka akibat kekerasan.

Yang perlu diperhatikan juga, ada 10 (sepuluh) hak anak, yaitu: bermain, mendapatkan pendidikan, perlindungan, nama, kebangsaan, makanan, kesehatan, rekreasi, kesamaan di depan hukum, serta peran anak dalam pembangunan. Jika terjadi kekerasan terhadap anak, maka sebagai pelayan anak, tidak bisa membiarkan hal itu terjadi.

Selanjutnya Pak Gulwadi menjelaskan mengenai Undang-Undang Perlindungan Anak, karena beliau juga menggeluti masalah hukum, khususnya hukum adat. Pak Gulwadi juga memaparkan bahwa anak berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan empat komponen: orangtua, keluarga, masyarakat dan negara. Pak Gulwadi menjelaskan bahwa Undang-Undang Hak Asasi Manusia dan Undang-Undang Perlindungan Anak awalnya adalah hasil dari pelayanan-pelayanan yang dilakukan oleh orang Kristen terhadap anak.

Para pelayan Kristen menerapkan perlindungan dan penghormatan terhadap anak sesuai dengan Injil Kristus, yaitu sama seperti Yesus juga mengasihi anak-anak. Menurut Matius 19:14, Yesus berkata, “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepadaKu; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga”. Jadi, kalau kita mau mempunyai Kerajaan Sorga, harus melayani anak-anak yang mau datang kepada Yesus.

Acara kemudian diakhiri dengan proses tindak lanjut sosialisasi Perlindungan anak ini, yaitu menandatangani Pernyataan Komitmen Perlindungan Anak. Semua yang hadir dalam sosialisasi ini menandatangani pernyataan tersebut. Kita berharap, pelayanan anak-anak, khususnya melalui PPA Muria Kasih membawa pengalaman pelayanan yang menyenangkan dan berkenan dihadapan Tuhan.

Yang paling akhir, ditutup dengan doa oleh Pak Sukanto (Bendahara Gereja) dan dilanjutkan dengan makan bakso bersama…

Kunjungan PF

Pada hari Kamis, tgl. 21 November 2013, Patnership Facilitator ( PF ) PPA Cluster Kalimantan Barat, Pak Dicky Tumbel berkunjung ke PPA Muria Kasih. Banyak hal yang dibicarakan, terutama mengenai perkembangan anak-anak serta program-program PPA yang cocok diterapkan di PPA Muria Kasih. Memang masih banyak kekurangan yang ada di PPA Muria Kasih, tetapi para staf PPA Muria Kasih siap berjuang untuk memperbaiki segala kekurangan dan maju untuk melakukan pelayanan anak yang lebih baik.

Selama sekitar empat bulan PPA ini berjalan, belum banyak anak-anak yang mendapatkan sponsor. Tetapi, yang membuat sukacita semakin melimpah adalah perkembangan anak-anak PPA, khususnya dalam hal perilaku yang semakin berubah menjadi lebih baik. Banyak cerita yang sebenarnya bisa diungkapkan oleh staf maupun tutor PPA. Mungkin menarik jika dikemudian hari staf maupun tutor PPA Muria Kasih bersedia untuk berbagi cerita via blog ini, supaya banyak orang semakin dikuatkan dan semakin mencintai anak-anak.

Semoga blog gratisan ini tidak terhapus sampai minimal 22 tahun ke depan, supaya anak-anak, staf maupun tutor PPA bisa melihat perkembangan yang terjadi. Blog ini bisa menjadi kenang-kenangan untuk mereka sekaligus informasi untuk semua orang.

Menggambar: Aku dan Keluargaku

Pada hari Kamis, tgl 21 November 2013, anak-anak PPA Muria Kasih yang berada di dalam asuhan Pak Penanggungjawab PPA mendapatkan tugas untuk menggambar dan mewarnai, dengan tema Aku dan Keluargaku. Setiap anak mendapatkan kertas, kemudian dibagi dengan menggunakan garis. Yang sebelah kiri adalah gambar diri masing-masing, dan yang sebelah kanan adalah gambar keluarga beserta dengan rumah dan suasana rumah. Mari kita lihat hasilnya dibawah ini:

Training SPA dan MS

Bertempat di Hotel Borneo Pontianak, PPA Cluster Kalimantan Barat yang berada di daerah Pontianak, Kubu Raya dan Singkawang mendapatkan pelatihan dari Compassion East Indonesia. Yang hadir memberi pelatihan pada saat itu adalah Bp. Obed Agung Nugroho, Bp. Dicky Tumbel dan Bp. Tommy Lanawaang.

Training ini dimulai pada hari Senin, tanggal 11 November 2013. Setiap PPA mengutus calon SPA ( Staf Perlindungan Anak ). Banyak hal yang dipelajari, terutama tentang Undang-Undang Perlindungan Anak dan tanggungjawab SPA dalam hal Perlindungan Anak, terutama di PPA masing-masing. Pada hari Rabu, para Penanggungjawab PPA juga mengikuti training ini, supaya mengerti tugas dari SPA.

Dilanjutkan Pelatihan Manajemen Staf, yang dilaksanakan pada hari Kamis – Sabtu, di tempat yang sama. Selama beberapa hari ini para Penanggungjawab PPA, Koordinator PPA dan Komisi PPA mendapatkan pelatihan mengenai Perencanaan Program, Pembuatan Job Discription dan Recrutment Staff. Banyak hal yang harus segera ditindaklanjuti. Semua untuk pelayanan anak-anak dan masa depan anak-anak tersebut.

Syuting Film

Beberapa anak PPA mendapatkan kesempatan untuk syuting film. Anak-anak memperkenalkan diri mereka masing-masing saat di syuting. Kegiatan syuting ini dilaksanakan di PPA Terpadu Iman (KGBI Iman) ID-601 pada tanggal 4 November 2013.

 

Pembagian Peralatan Mandi

Pada saat kegiatan tgl. 8 Oktober 2013, anak-anak mendapat makanan tambahan sekaligus mendapat peralatan mandi.

Cluster Meeting Pontianak

PPA yang berada di Pontianak dan Kubu Raya mengadakan Cluster Meeting. Yang hadir adalah para Penanggungjawab dan Staf PPA, difasilitasi oleh Pak Dicky dan Pak Donald. Cluster Meeting ini berlangsung di GBI Karya Baru Pontianak tgl. 27 September 2013.